AKTE KELAHIRAN GRATIS PERMOHONAN MENINGKAT 100 %

Kabupaten Banyumas

BANYUMAS - Sejak pembuatan akte kelahiran digratiskan, pengurusan administrasi kependudukan ini, mendapat sambutan dari masyarakat. Hal ini terlihat dengan meningkatkan permohonan Akte Kelahiran di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Banyumas.

"Memang sejak 2 Januari kami menggratiskan biaya proses pembuatan akte kelahiran. Sehingga kami cukup kewalahan dalam melayanai masyarakat. Kalau permohonan semula hanya sekitar 200 perhari saat ini mencapai 300 hingga 400" kata Sulistiyo Widodo Kasi Kelahiran dan kematian pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil kemarin.

Ia mengungkapkan, selain melayanani permohonan di kantornya di Jl. Jenderal Sudirman Komplek Pendopo Wakil Bupati Banyumas, pihaknya juga mengadakan pelayanan jemput bola kedesa-desa. “Sesuai perintah Bapak Bupati kami mendekatkan pelayanan sampai di desa-desa. Sampai saat ini kami sudah terjun di Kecamatan Kemranjen, Kebasen, Rawalo, Wangon dan Karanglewas ” Kata Sulis melanjutkan.

Dari data yang ada, tercatat permohonan selama 29 hari kerja sampai dengan tanggal 7 Februari lalu sebanyak 9073 pemohon dengan rincian 6978 hadir kekantor dan 2095 pemohon dari hasil jemput bola petugas ke desa-desa.

Salah seorang pemohon Suryono dari Desa Kebarongan Kecamatan Kemranjen mengatakan bahwa semula dirinya agak ragu, mendengar pembuatan akte kelahiran gratis. “Tetapi karena banyak tetangga yang membuat saya ikut membuatkan akte untuk anak saya yang sudah berumur 4 tahun” katanya.

Hal senada disampaikan Kariyadi Warga Suramenggala RT 03 RW 06 Kelurahan Rejasari. Dirinya juga ingin membuatkan akte anak ketiganya. “Saya baru mencari informasi, karena semalam memperoleh informasi melalui pertemuan RT, setalah benar gratis dan mudah besok saya segera membuat persyaratan yang dibutuhkan” kata Kariyadi.

Sumber : Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Banyumas


13 02 2014 13:01:47