Laras Putra Patriot Juara Festival Kenthongan Banyumas 2024

Kabupaten Banyumas

BANYUMAS - Laras Putra Patriot (Lappot) Purwokerto Selatan menjadi jawara pada Festival Kenthongan Banyumas 2024 yang digelar Jumat malam hingga Sabtu dini hari 6-7 September 2024. Festival musik tradisional berupa “Festival Kenthongan Banyumas 2024” digelar oleh Pemerintah Kabupaten Banyumas melalui Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata tersebut, mengambil start dari Alun-alun Purwokerto menyusuri jalan Jenderal Soedirman dan finish di Perempatan Pasar Wage Purwokerto berhasil memukau ribuan warga Kota Purwokerto serta warga Kabupaten Banyumas dan sekitarnya, yang setia menunggu hingga dini hari sampai tampilnya peserta terakhir.

Laras Putra Patriot (Lappot) Purwokerto Selatan tampil pada no undi 20, beralamat di Jalan Patriot Karangpucung Purwokerto Selatan tersebut berhasil unggul diantara 27 grup terbaik di seluruh kecamatan Banyumas. Sementara juara 2 diraih oleh Grup Prasetya Waringin Patikraja No 24, juara 3 Laras Tletik Pekuncen No undu 2.

Sementara juara harapan 1 diraih oleh grup Panji Areksa Ajibarang no undi 5, juara harapan 2 Sanggar Garuda Mas Rawalo yang tampil pada no undi 12. Dan juara harapan 3 diraih oleh Grup Deling Kembar Budoyo Kecamatan Kembaran no undi 22.

Kepala Dinporabudpar Kabupaten Banyumas Setia Rahendra mengatakan ke 27 grup kentongan tampil maksimal menghibur masyarakat yang setiap tahunya selalu menunggu musik khas Banyumas ini. Para peserta dinilai oleh 3 tim juri yang terdiri dari Setejo, Rustam Aji, dan Kalinga DC, S.Sn yang menetapkan para juara pada parade ini.

"Para juara mendapatkan hadiah yaitu untuk juara 1 nantinya Rp 6,5 juta, juara 2 Rp 5,5 juta dan juara 3 Rp 5 juta. Sedangkan untuk harapan 1 mendapat Rp 4,5 juta, harapan 2 Rp 4 juta dan harapan 3 mendapat Rp 3,5 juta. Semua pemenang juga mendapat piala," Rahendra.

Pada festival ini juga ada grup eksebisi dimana Pj Bupati Banyumas Hanung Cahyo Saputro tampil sebagai Mayoret. Grup binaan Dinporabudpar ini mengawali sebelum peserta lomba tampil dihadapan Juri. Pj Bupati Bamyumas terlihat cukup atraktif dalam memainkan stik mayoret mendapat applause dari penonton di sekitar alun alun.


Senin, 09 September 2024