BALAI KEMAMBANG PURWOKERTO SEGERA DIRESMIKAN

Kabupaten Banyumas

BANYUMAS – Pelan namun pasti Pemerintah Kabupaten Banyumas terus melakukan penambahan Ruang Terbuka Hijau, salah satunya adalah Taman Balai Kemambang (TBK) yang berada di Jl. Karangkobar Purwokerto Utara yang selesai pembangunanya sebulan lalu menjadi bukti keseriusannya dalam upaya penambahan RTH.

Nantinya Taman Balai Kemambang menjadi altenatif tempat hiburan baru bagi masyarakat setelah pembangunan Taman Satria yang berlokasi di Pintu masuk Purwokerto sebelah timur tepatnya di sebelah selatan RS. Margono Soekardjo (RSMS) dan Taman Rekreasi Andang Pangrenan (TRAP) yang merupakan pintu masuk Purwokerto dari arah selatan yang merupakan eks Terminal lama Purwokerto.

Asekbangkesra Sekda Banyumas Ir Didi Rudwianto SH MSi mengatakan bahwa pada pembangunan tahab II Tahun 2013 lalu pembangunan taman yang menelan dana 2,5 Milyard lebih akan segera diresmikan. “Insya Allah pada hari Senin (24/2) Taman Balai Kemambang akan diresmikan” katanya.

Didi berharap dengan selesainya pembangunan Taman Balai Kemambang membentuk ruang - ruang kehidupan yang manusiawi sebagai taman bermain dan refresing untuk masyarakat Banyumas, selain menciptakan landmark baru di sisi utara Perkotaan Purwokerto.

Didi menjelaskan bahwa untuk tiketing dan pengelolaan sedang dalam pembahasan namun secara umum akan dikoordinasikan oleh Dinporabudpar. “Kita sedang menyiapkan Peraturan Bupati, yang akan mengatur dinas mana yang mengelola baik dalam perparkiran maupun ticketing stelah proses serah terima dengan kontraktor” katanya.

Saat ini peresmian TBK sudah sangat dinanti masyarakat, hat ini terlihat sudah banyaknya masyarakat yang berkunjung di taman ini. Untuk itu Didi berharap agar masyarakat. “Saya minta kepada masyarakat agar tidak hanya memanfaatkan saja, tetapi juga ikut memiliki sehingga turut menjaga TBK ini’ ajak Didi

Ditempat terpisah Kabid Penataan Ruang pada Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang (DCKTR) Dedi Nurhasan menginformasikan bahwa peresmian TBK menjadi moment yang yang tepat, karena sebentar lagi Alun-alun Purwokerto yang selama ini menjadi tempat bermain dan refresing akan dilakukan penggantian rumput dan penambahan taman. “TBK ini untuk pengalihan sementara kerana hampir bebarengan penutupan Alun-alun yang akan direhab” terang Dedi.

Dedi juga menjelaskan taman kota ini telah dilengkapi berbagai fasilitas pendukung antara lain tempat bermain anak-anak, ruang terbuka, jogging track, serta beberapa fasilitas standar taman kota lainya. “Yang pasti taman ini dibangun untuk kepentingan umum dan bisa dijadikan berkumpul untuk komunitas masyarakat di Kabupaten Banyumas” katan Dedi.

Sumber : Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Banyumas


21 02 2014 11:00:50