4160 ATLET IKUTI POPDA BANYUMAS 2014

Kabupaten Banyumas

Bupati Banyumas Ir Achmad Husein membuka Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) Tingkat Kabupaten di Halaman GOR Satria Purwokerto Senin (10/2). Sebanyak 4.160 atlet yang merupakan siswa-siswi SD, SMP dan SMA/sederajat di Kabupaten Banyumas mengikuti Pekan Olah Raga Pelajar Daerah (Popda) Kabupaten Banyumas Tahun 2014. Acara yang akan diselenggarakan selama 6 hari, mulai Senin (10/2) hingga Sabtu (15/2) tersebut diawali dengan upacara pembukaan di halaman GOR Satria Purwokerto.

Ke- 4.160 atlet akan mengikuti berbagai nomor pertandingan dalam cabang olahraga antara lain sepakbola, bola voli, bulutangkis, pencak silat, tenis meja, tenis lapangan, atletik, renang, sepak takraw, senam, taekwondo, catur, bridge, karate, panahan dan bola basket. Lokasi pertandingan tersebar di kompleks GOR Satria, Kolam Renang Tirta Kencana dan SMKN 3 Purwokerto untuk Cabor Senam.

Turut hadir Ketua DPRD Banyumas, Sekda, para asisten sekda dan staf ahli Bupati, Kepala Dinas/Lemtekda di lingkungan Kabupaten Banyumas, Ketua Umum KONI Kabupaten Banyumas, Para wasit, tamu undangan serta para official dan atlet peserta POPDA.

Ketua Panitia Pelaksana Wicky Srio Erlangga menjelaskan, secara umum event olah raga tahunan Popda diselenggarakan guna mengukur kinerja olahraga pendidikan di sekolah-sekolah, memotivasi dan mengoptimalkan pengembangan potensi atlet pelajar, serta memupuk rasa kekeluargaan siswa antar sekolah.

Wicky menuturkan, pertandingan dan perlombaan dalam Popda diselenggarakan oleh panitia pelaksana bekerjasama dengan Pengcab Olahraga, sehingga diharapkan dapat terselenggara sesuai dengan peraturan pertandingan dan standar yang dipersyaratkan.

Bupati Banyumas Ir. H. Ahmad Husein dalam sambutannya mengatakan bahwa dunia olahraga saat ini dan yang akan datang, tidak dapat dipisahkan dengan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Olahraga tidak hanya sebagai kebutuhan untuk menjaga kebugaran tubuh dan kesehatan, akan tetapi telah merasuk dalam semua sektor kehidupan. Prestasi olahraga dapat mengangkat harkat dan martabat manusia baik secara individu, kelompok, masyarakat, bangsa, dan negara. “Bahkan, prestasi olahraga suatu negara menjadi “prestise” sekaligus tolak ukur kemajuan bangsa dan Negara” Jelas Husein.

Untuk itu Bupati berharap agar Popda ini dapat menjadi ajang yang kompetitif, sportif dan berprestasi, karena para juara pada POPDA SD, SMP, SMA / sederajat Kabupaten Banyumas tahun 2014. “Nantinya akan menjadi duta Kabupaten Banyumas pada POPDA di tingkat Provinsi Jawa Tengah, maupun berbagai eventkejuaraan lainnya” lanjut Bupati.

Pembukaan ditandai dengan pelepasan balon oleh Bupati Banyumas.

Sumber : Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Banyumas

Foto terkait Popda 2014


11 02 2014 13:32:19