Menteri Koperasi & UKM Apresiasi Kinerja Banyumas

Kabupaten Banyumas

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah RI, Syarif Hasan memberikan apresiasi kepada Kabupaten Banyumas, atas kinerja yang telah dilakukan dalam memajukan koperasi dan UMKM. Hal tersebut diungkapkannya saat menutup kegiatan Pekan Kreatif Nusantara (PKN) Tahun 2012, Jumat (4/5) di komplek GOR Satria Kota Purwokerto Kabupaten Banyumas.

Secara umum, Syarif juga menilai, pembangunan di Kabupaten Banyumas luar biasa. Hal ini terlihat dari nilai pertumbuhan ekonomi yang terus meningkat, yang saat ini telah mencapai angka 5,7% sedikit lagi menyamai pertumbuhan ekonomi nasional 6,5%. Juga angka kemiskinan yang terus menurun dalam 4 tahun terakhir. Syarif berharap pada tahun 2014 angka kemiskinan Banyumas sama atau lebih rendah dari angka kemiskinan nasional 12,36%.

Yang paling menggembirakan, kata Syarif adalah geliat ekonomi, koperasi dan UMKM. Menurut Syarif Hasan, dirinya melihat komitmen pejabat dan masyarakat di Kabupaten Banyumas untuk memajukan koperasi dan UMKM sangat kuat. Pekan Kreatif Nusantara (PKN), menurutnya adalah manifestasi betapa gigihnya Pemerintah Kabupaten Banyumas berupaya meningkatkan taraf hidup rakyatnya.

Syarif juga gembira dengan tumbuh pesatnya pelaku UMKM dan koperasi di Kabupaten Banyumas. Khusus untuk koperasi, Syarif sangat mendukung target peningkatan jumlah koperasi yang telah dicanangkan oleh Kabupaten Banyumas, sebanyak 1.000 koperasi pada tahun 2014, dari 600 koperasi yang saat ini telah ada.

Untuk masalah sosialisasi koperasi dan UKM, Syarif memang mengakui bahwa Provinsi Jawa Tengah adalah yang paling giat, karena didukung oleh kabupaten-kabupaten/kota termasuk Kabupaten Banyumas. Syarif berharap program-program dari Kementrian Koperasi untuk memajukan koperasi di daerah-daerah dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, diantaranya dana-dana bantuan sosial dan Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Saat ini, terang Syarif, pemerintah terus meningkatkan nilai KUR untuk pembiayaan di sektor mikro. Tahun ini, katanya pemerintah mentargetkan untuk mengucurkan dana kredit tanpa jaminan tersebut dengan total mencapai 30 trilyun dengan sasaran para pelaku UMKM yang memiliki usaha-usaha yang produktif. Besaran kredit yang diberikan sampai dengan 20 juta per unit usaha.

¦ PKN 2012 Sukses

Kegiatan Pekan Kreatif Nusantara (PKN) Tahun 2012 yang digelar di GOR Satria Kota Purwokerto Kabupaten Banyumas selama 5 hari, mulai Senin (30/4) sampai dengan Jumat (4/5), yang dibuka oleh Gubernur Jawa Tengah, Bibit Waluyo dan ditutup oleh Menteri Koperasi dan UKM, Syarif Hasan terbilang sukses.

Sebagaimana dilaporkan oleh Bupati Banyumas, Drs Mardjoko MM, pameran yang diikuti oleh 120 peserta dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, kementerian Perdagangan, Kementerian Perindustrian, Kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian Kelautan dan Perikanan, 6 Pemerintah Daerah Provinsi, Pemerintah Kabupaten Banyumas, 15 BUMN, 3 BUMD, 6 perbankan, swasta, asosiasi perusahaan, UKM, IKM, UMKM dan koperasi tersebut mampu menyedot lebih dari 25.000 pengunjung, dengan total transaksi lebih dari 1 milyar rupiah.

Menteri Koperasi dan UKM, Syarif Hasan berharap, kegiatan semacam ini dapat dilaksanakan secara berkelanjutan dan terjadwal secara konsisten. Karena menurutnya, melalui kegiatan-kegiatan semacam ini diharapkan akan tercipta produk-produk unggulan kreatif yang bernilai tambah, yang pada akhirnya akan meningkatkan kontribusi UMKM dan koperasi terhadap peningkatan Gross Domestic Bruto (GDP) negara, dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.


25 05 2012 14:24:25