Ikrar Pertahankan Pancasila Kembali Bergema di Halaman Sipanji

Kabupaten Banyumas

Ikrar Pertahankan Pancasila Kembali Bergema di Halaman Sipanji
Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2012

“Kami membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan Pancasila, sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan, demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.”

Demikian penggalan bunyi ikrar yang dibacakan oleh seorang siswa Kabupaten Banyumas berseragam OSIS, sebagai salah satu petugas dalam Upacara Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2012 Tingkat Kabupaten Banyumas yang berlangsung kemarin, Senin (1/10) di halaman Pendapa Sipanji Kabupaten Banyumas.

Ikrar yang dibacakan tidak saja di Kabupaten Banyumas, tetapi juga di seluruh wilayah tanah air ini mengingatkan kembali tentang pentingnya nilai-nilai luhur Ideologi Pancasila, yang terbukti telah mampu memperkokoh tegaknya NKRI dari rongrongan, baik dari dalam negeri maupun luar negeri, sejak diproklamasikannya kemerdekaan NKRI pada tanggal 17 Agustus 1945.

Melalui ikrar ini seluruh peserta upacara dan segenap masyarakat di Kabupaten Banyumas diajak untuk tetap waspada dan tidak lengah terhadap kegiatan-kegiatan dan gerakan-gerakan yang berupaya untuk menumbangkan Pancasila sebagai Ideologi Negara.

Bertindak selaku Inspektur Upacara, Bupati Banyumas Drs Mardjoko MM, dengan Komandan Upacara Dian Budiarto dari Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Banyumas. Peserta upacara terdiri dari unsur Muspida, para Kepala SKPD, jajaran TNI dan Polri, para pegawai di lingkungan Setda, serta siswa-siswi dan anggota Pramuka Kabupaten Banyumas.

Sarlan–Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Banyumas


02 10 2012 14:56:10