Ratimin Kini Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil

Kabupaten Banyumas

Ratimin Setjowikarto, S.Sos. M.Hum yang sebelumnya menjabat sebagai Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia menduduki jabatan baru sebagai Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Banyumas menggantikan Irawati, SE yang menempati jabatan baru sebagai staf ahli Bupati Bidang Ekonomi dan Keuangan. Pengambilan sumpah dan pelantikan pejabat eselon II yang dibarengkan dengan eselon III dilakukan oleh Bupati Drs. Mardjoko MM di Graha Satria Kabupaten Banyumas, Selasa (10/4), kemarin.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Banyumas Nugroho Purwoadi mengatakan, 5 orang pejabat yang dilantik terdiri dari pejabat eselon II sebanyak 2 orang dan eselon III 3 orang. Dari jumlah tersebut tidak terjadi promosi hanya mutasi jabatan dalam eselon yang sama yaitu di jajaran eselon II/b Ratimin Sejowikarto, S.Sos.M.Hum dimutasikan menjadi kepala Dindukcapil menggantikan Irawati SE sebagai Staf ahli Bupati bidang Ekonomi dan Keuangan, sedangkan di jajaran eselon III terjadi mutasi Kabaid Kebudayaan Dinporabudpar Dwi Irawan Sukma menjadi Sekcam Rawalo, menggantikan Drs Wisnu Budi Santoso yang menduduki jabatan baru sebagai Sekcam Banyumas, sedangkan posisi Kabid Kebudayaan ditempati Amrin Ma’ruf S.Sos., M.Si yang sebelumnya sebagai Sekcam Banyumas.

Mengawali sambutannya, Bupati Mardjoko mengatakan, jabatan adalah amanah yang harus dijaga dan dijalankan dengan baik dan bertanggungjawab. Dalam menjalankan jabatan, para pejabat harus banyak mengoreksi, mengevaluasi, dan mengintropeksi diri dalam tugas dan kehidupan. Bupati juga berpesan agar dalam melaksanakan tugas harus dengan sabar, syukur, dan tulus.

Tentang penempatan Ratimin sebagai kepala Dindukcapil, Bupati mengatakan, Ratimin telah lama menduduki jabatan sebagai Staf Ahli, dan telah menduduki jabatan dari berbagai dinas sehingga diharapkan nantinya dalam pelayanan regristasi penduduk yang bersentuhan langsung dengan masyarakat baik e KTP, akta Kelahiran, dan lainnya akan mudah, karena jabatan di Catatan Sipil adalah krusial.

Sedangkan untuk pejabat eselon III yang dirotasi, diharapkan akan lebih matang, karena berbedanya tempat dan bidang tugas diharapkan akan membentuk pribadi yang lebih matang dan nantinya kalau menduduki jabatan yang lebih tinggi akan menjadi pejaat yang bijak. Bupati Mardjoko juga megharapkan agar pejabat di Kabupaten Banyumas bersikap satria yaitu berani meminta maaf, berani memaafkan, dan pantang untuk menunda niat untuk berbuat baik.

Menyinggung tentang pemilihan Kepala Daerah, Bupati Mardjoko mengatakan, dirinya akan menjalankan tugas sampai akhir jabatan. “Kalau nanti di semua partai sudah penuh calon (Bupati dan Wabup. red), saya akan merasa senang. Kepada para pegawai diharapkan bersikap netral supaya tidak terjadi perpecahan, dan kalau nantinya ada calon bupati yang disenangi/dicocoki jangan terlalu jelas dalam bersikap,” pesannya. Bupati melanjutkan jika umpama dirinya (Mardjoko) mencalonkan diri, PNS Banyumas memilih dirinya silakan, tidak juga tidak apa-apa, ungkapnya dalam logat bahasa Banyumasan yang khas.


24 05 2012 14:24:20