LOMBA DESAIN BATIK BANYUMASAN

Kabupaten Banyumas

BANYUMAS - Batik telah diakui secara Internasional sebagai warisan budaya bangsa Indonesia oleh karena itu dalam upaya untuk menumbuhkembangkan kecintaan terhadap seni dan budaya batik pada generasi muda, Pemerintah Kabupaten Banyumas melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Banyumas akan menggelar lomba desian batik nuansa Banyumasan 2014.

Kepala Bappeda Ir Eko Prijanto MT mengatakan bahwa lomba desain batik dimaksudkan untuk mendorong berkembangnya desain Batik Banyumas dengan tetap  memiliki ciri khas asli Banyumas, serta dapat diterima oleh konsumen. Selain memperkenalkan Batik Banyumas kepada masyarakat. “Melalui lomba ini diharapkan pengrajin batik banyumasan dapat belajar dan memahami keinginan konsumen” kata Eko.

Lebih lanjut Eko mengatakan bahwa lomba terbuka untuk umum dan tidak dikenakan biaya apa pun. “Diharapkan desain merupakan modifikasi desain Batik Banyumas asli tanpa meninggalkan  ciri khasnya” lanjutnya.

Sementara itu Kasi Pengembangan Dunia Usaha Bappeda Sri Sunarsih, SE, MM mengatakan peserta yang akan mengikuti lomba dapat mengambil formulir pendaftaran di Bidang Ekonomi Bappeda Kabupaten Banyumas atau di-download di website https://bappeda.banyumaskab.go.id. “Peserta harus sudah menyerahkan hasil karyanya ke sekretariat lomba tanggal 18 Maret” katanya.

Desain dibuat pada kertas BC ukuran A3 dengan teknik pewarnaan bebas. Desain disertai penjelasan diketik pada kertas A4 maksimal 3 lembar. “Peserta lomba bisa mengirimkan lebih dari satu kategori dan/atau kreasi produk dengan menyertakan formulir pendaftaran untuk masing-masing produk” Lanjut Sri Sunarsih.

Sepuluh besar finalis akan memproduksi desain mereka  dan memamerkannya pada saat Peresmian Pratista Harsa. Pada saat pameran tersebut disediakan kotak untuk pooling desain favorit. Selain pameran desain finalis juga akan di-upload di Facebook lomba untuk pemilihan pemenang favorit. Pemenang lomba akan diumuman pada acara  Peresmian Pratista Harsa yang direncanakan tanggal 11 April 2014.

Kriteria penilaian lomba desain Batik adalah komposisi bentuk, warna, ciri khas Batik Banyumas, dan pooling  pengunjung pameran dan media sosial. Tim Juri akan diambil dari budayawan, praktisi batik, SMK.

Pemenang Untuk masing-masing kategori Ditentukan berdasarkan penilaian juri  terdiri atas Juara Pertama hadiah uang Tunai  1 juta, tropi dan piagam penghargaan. Juara Kedua Uang Tunai  750 ribu, tropi dan piagam penghargaan dan Juara Ketiga Uang Tunai  500ribu, tropi dan piagam penghargaan. Sedangkan Juara Favorit ditentukan berdasarkan poolling, mendapatkan hadiah uang tunai  1 juta, tropi dan piagam penghargaan.


14 03 2014 11:08:14