Pembukaan MTQ, STQ dan MHQ Banyumas 2012

Kabupaten Banyumas

Musabaqoh Tilawatil Qurán (MTQ) Pelajar XXVIII, Seleksi Tilawatil Qurán (STQ) XXII dan Musabaqoh Hifdzil Qurán (MHQ) Pesantren IX Tingkat Kabupaten Banyumas Tahun 2012, Selasa (22/5) dimulai. Pembukaan dilakukan oleh Bupati Banyumas, Drs Mardjoko MM bertempat di Pendopo Si Panji Kabupaten Banyumas, dihadiri oleh Asisten Ekonomi dan Pembangunan, Kepala Dinas/Instansi terkait, pengurus Lembaga Pebinaan Tilawatil Qurán (LPTQ) Kabupaten Banyumas, camat, kepala UPK, KUA dan PPAI serta para ketua LPTQ kecamatan se-Kabupaten Banyumas.

Usai dibuka secara resmi oleh Bupati, dilakukan pengukuhan Dewan Hakim dan Panitera oleh Ketua Umum LPTQ Kabupaten Banyumas, yang juga Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Banyumas, Drs Bambang Sucipto MPdI. Rangkaian kegiatan kompetisi kecakapan bacaan dan hafalan Al-Qur’an tersebut akan berlangsung 2 hari, mulai Selasa (22/5) sampai dengan Rabu (23/5).

Dalam laporannya, Bambang Sucipto menjelaskan, tujuan kegiatan tersebut untuk menumbuhkan kecintaan terhadap Al-Qur’an, sekaligus membumikan Al-Qur’an untuk kemudian dijadikan pedoman dalam kehidupan sehari-hari. Event ini juga dijadikan sarana untuk menghasilkan para juara MTQ/MHQ tingkat kabupaten, guna dipersiapkan sebagai duta Kabupaten Banyumas di musabaqoh tingkat Provinsi Jawa Tengah.

Bambang menjelaskan, peserta MTQ Pelajar XXVIII, STQ XXII dan MHQ Pesantren IX Tingkat Kabupaten Banyumas Tahun 2012 adalah peserta terbaik hasil seleksi tingkat kecamatan, dengan jumlah 355 orang, utusan dari 27 Kecamatan di Kabupaten Banyumas. Para peserta musabaqoh, baik tilawah, tartil maupun tahfidz telah dilatih secara intensif di masing-masing kecamatan.

Secara rinci Bambang Sucipto melaporkan, cabang yang dimusabaqohkan meliputi Cabang Tilawah golongan SD/MI, SMP/MTs dan SMA/SMK/MA putra-putri, Cabang Tartil golongan SD/MI, SMP/MTs dan SMA/SMK/MA putra-putri, serta cabang Tahfidz Al-Qur’an dengan kategori 1 juz dan tilawah golongan SMP/MTs putra-putri, dan 5 juz dan tilawah golongan SMA/SMK/MA putra putri.

Untuk STQ, cabang yang dilombakan adalah Tilawah golongan anak-anak putra-putri, tilawah golongan dewasa putra-putri dan tahfidz Al-Qurán yang meliputi: golongan 1 juz dan tilawah putra-putri, golongan 5 juz dan tilawah putra-putri, golongan 10 juz dan tilawah putra-putri, golongan 20 juz dan tilawah putra-putri, dan golongan 30 juz dan tilawah putra-putri. Sementara pada MHQ Pesantren VII, cabang yang dilombakan adalah tahfidz Al-Qurán golongan 20 juz putra-putri dan golongan 30 juz putra-putri.

Dari semua cabang yang dipertandingkan, juara I, II dan III akan mendapatkan piagam, piala dan uang pembinaan. Namun demikian, tuturnya, juara I baik dari MTQ, STQ maupun MHQ Tingkat Kabupaten Banyumas Tahun 2012 ini tidak secara otomatis mewakili kafilah Kabupaten Banyumas dalam MTQ Tingkat Provinsi Jawa Tengah, karena untuk kejuaraan tingkat provinsi masih akan dilakukan pembinaaan dan seleksi lebih lanjut.

Bupati Mardjoko berharap, kegiatan ini hendaknya dimanfaatkan seoptimal mungkin, tidak hanya sebagai sarana seleksi peserta terbaik, melainkan juga untuk menanamkan kecintaan terhadap Al-Qur’an dan motivasi untuk senantiasa berusaha mempelajari, menghayati, memedomani kandungan ayat-ayat Al-Qur’an dalam rangka peningkatan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT, dan peningkatan kualitas kehidupan spiritual dan sosial. ”Dengan mempelajari Al-Qur’an dan mengajarkannya, kita akan menjadi sebaik-baiknya umat” ungkapnya.


25 05 2012 14:24:33