Bupati Mardjoko Apresiasi Kinerja Dindik dalam Pengelolaan Asset

Kabupaten Banyumas


Bupati Banyumas, Drs Mardjoko MM menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi atas kinerja jajaran Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas, terutama dalam hal pengelolaan asset-asset pemerintah daerah di bidang pendidikan, sehingga mampu mendukung peningkatan predikat penilaian BPK terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Banyumas Tahun 2011, yang semula Wajar Dengan Pengecualian (WDP) menjadi Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Hal tersebut disampaikan Bupati saat memberikan pengarahan pada acara Sosialisasi Hasil Musrenbangnas tahun 2012 dan Hasil Pemeriksaan BPK tentang Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun 2011, Kamis (31/5) di Pendopo Si Panji Kabupaten Banyumas. Hadir dalam acara tersebut Sekda beserta para Asisten Sekda, Staf Ahli Bupati, Kepala Dinas Pendidikan dan dinas/instansi terkait, Kepala SMA/SMK/SMP Negeri, Kepala UPK dan Koordinator Kepala TK/SD, para Pengawas TK/SD serta Ketua IGTKI Kabupaten Banyumas. Predikat WTP merupakan yang pertama kalinya diraih sejak awal masa pemerintahan Bupati Mardjoko mulai tahun 2008.

Sebagaimana diketahui, pada awal kepemimpinan Bupati Mardjoko, hasil audit BPK menempatkan Kabupaten Banyumas pada posisi Disclaimer (raport merah), kemudian berturut-turut 2 tahun berikutnya meningkat menjadi WDP. Baru pada tahun keempat (2011) dengan pembenahan di sana-sini akhirnya Banyumas bisa meraih WTP.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas, Drs Purwito MHum dalam laporannya menyinggung pentingnya pencatatan asset di lingkungan Dindik Kabupaten Banyumas. Purwito menjelaskan, pencatatan asset yang sebelumnya mengalami banyak kendala, dan menjadi salah satu catatan BPK dalam hasil auditnya, saat ini menjadi semakin mudah dengan adanya Sistem Manajemen Barang Daerah Banyumas (SIMBADA Mas) yang telah dipergunakan. Selanjutnya Purwito mengajak kepada seluruh jajaran Dinas Pendidikan termasuk pihak sekolah untuk terus meningkatkan kinerja baik yang telah dicapai.

Sementara Bupati Mardjoko dalam pengarahannya mengingatkan kembali tentang tujuan pokok penyelenggaraan daerah, yaitu mewujudkan masyarakat Banyumas yang sejahtera dan makmur yang diawali dengan terciptanya tata pemerintahan yang baik. Tentang pengelolaan keuangan daerah Bupati Mardjoko berpesan kepada para pengelola asset pendidikan dan semua pihak terkait, supaya terus memperbaiki kinerja agar ke depan predikat WTP dapat dipertahankan.


01 06 2012 14:24:43