Halusnya Bakso Otot Sukirno Memikat Pelanggan

Kabupaten Banyumas


BAKSO merupakan makanan yang mudah dijumpai di mana-mana. Persaingan ketat membuat penjual bakso berlomba memberikan citarasa lezat pada dagangannya agar pelanggan terus berminat.

Seperti lezatnya bakso otot Sukirno yang membuat pelanggan setia sesudah mencobanya. Usaha yang dijalankan secara menetap sejak tahun 1986 sampai sekarang terus bertahan dan telah memiliki satu cabang pada tahun ini.

Bakso tersebut dulu dijual Sukirno (53) dengan gerobak keliling dari rumahnya di Jl Ragasemangsang no 7 ke sekitar Purwokerto. Kemudian menetap di sebelah SMPN 1 Purwokerto, lalu pindah di depan BCA Jl Jenderal Soedirman dan sekarang memiliki cabang di Ruko Cikebrok.

"Sebenarnya kalau jualan bakso sudah dilakukan oleh Bapak sejak muda. Setelah menikah, kemudian menetap di sebelah SMPN 1 Purwokerto. Buka tiap hari dari pukul 10.00-20.30," ujar Sulastri (46), istri Sukirno.�

Bakso Otot Sukirno sama tampilannya dengan bakso sejenis lainnya. Dihidangkan di mangkok dengan mi putih atau kuning yang disesuaikan dengan selera pembeli, tujuh butir bakso dan taburan daun dan batang seledri.

Yang membedakan adalah rasanya. Baksonya gurih dengan bumbu yang meresap dan aroma daging yang kuat dan terasa nikmat di lidah. Teksturnya lembut dan halus. Empuk ketika digigit.

Harganya Rp 6.500. Harga umum untuk seporsi bakso di Purwokerto. Menurut ibu tiga anak dan satu cucu tersebut. Harga tersebut dinaikkannya atas anjuran pembeli. Ketika lebaran tahun lalu, harga daging naik.

Saat itu, ia tidak berniat menaikkan harga sebesar Rp 6.000, namun mengurangi porsi bakso menjadi enam butir. Namun, oleh pelanggan diminta agar porsi tetap seperti semula dengan harga dinaikkan Rp 500/porsi.

Robert Heru (19), salah seorang pelanggan mengaku menyukai rasa mantap bakso tersebut. Menurutnya, rasa bakso dirasa empuk, gurih dan enak.
"Rasanya enak. Harganya juga terjangkau," ujarnya.
Lalu, berapa omzet yang diperoleh dari berjualan bakso ini? Sulastri tidak bersedia menjawab. "Pokoknya, cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari," ujarnya seraya tersenyum.


19 06 2012 14:56:16