Taruna Jaya XI Pandak Maju Lomba Propinsi

Kabupaten Banyumas

Karang Taruna ”Taruna Jaya XI” Desa Pandak Kecamatan Baturraden Kabupaten Banyumas siap mengikuti lomba karang taruna berprestasi Tingkat Propinsi Jawa Tengah. Karang taruna yang mempunyai visi menciptakan generasi muda yang berkepribadian dan berjiwa sosial ini sebelumnya telah dinilai oleh Tim Lomba Berprestasi Tingkat Kabupaten Banyumas dan mendapat predikat Juara I.

Ketua Taruna Jaya XI Pandak Agus Cahyanto beberapa waktu lalu mengatakan pihaknya sudah mengirimkan data instrumen kepada pihak Provinsi Jawa Tengah melalui Dinsosnakertrans beberapa waktu yang lalu. Berdasarkan informasi dari Dinsosnakertrans Kabupaten Banyumas Taruna Jaya XI masuk 10 besar Jawa Tengah. Sehingga untuk menentukan yang terbaik di tingkat provinsi pada tanggal 27 Juni besok akan mendapat kunjungan dari Tim Penilai Tingkat Provinsi.

Lebih lanjut Agus mengatakan, keberhasilan yang diraih merupakan hasil kerja keras seluruh komponen masyarakat Desa Pandak terutama anggota karang taruna. Karang Taruna sebagai wadah pembinaan generasi muda, dituntut untuk menggali dan menumbuhkembangkan potensi generasi muda yang ada dilingkungan. Baik potensi sumber daya manusia maupun potensi sumber kesejahteraan sosial lainnya. ”Kita tidak ingin usia muda yang sangat produktif ini disia-siakan untuk kepentingan yang tidak penting dan berbau hedonis,” terangnya.

Agus mengaku, seiring dengan perkembangan berbagai sektor kehidupan bermasyarakat, Karang Taruna yang dipimpinya telah bergerak cepat semenjak pemekaran tiga tahun lalu, dengan melakukan berbagai upaya pembinaan terhadap generasi muda dilingkungannya. ”Kami mempunyai unggulan dalam persiapan lomba tingkat propinsi, misalnya kegiatan sosial berupa pemberian sembako, bedah rumah dan penanganan masalah sosial, juga kegiatan usaha bersama (KUBE) Pembuatan Wayang Karton dan ternak kelinci menjadi unggulan kami,” ungkap Agus.

Persiapan tidak hanya dilaksanakan oleh anggota karang taruna saja, setelah mendengar akan adanya kunjungan tim Lomba Karang Taruna Tingkat Propinsi segenap warga masyarakat mengadakan kerja bakti bersih lingkungan di seluruh pelosok Desa Pandak.

Kepala Desa Pandak Muritno mengatakan setelah pengurus karang taruna mohon doa restu pada rapat lembaga desa yang diselenggarakan beberapa waktu yang lalu, semua pengurus RT dan RW sepakat secara bersama-sama akan menyelenggarakan kerja bakti hari ini. ”Kami merasa bersyukur bahwa rasa kegotong royongan warga kami masih tinggi, hal ini terlihat dari kerja bakti semua lapisan masyakat turut berpartisipasi. Ada yang membersihankan lingkungan merapikan tumbuhan pagar dan memasang umbul-umbul,” terang Muritno.

Salah seorang Ketua RT Wasis mengatakan sebenarnya kegiatan bersih lingkungan di wilayahnya sudah secara rutin dilaksanakan. ”Namun ini bertepatan dengan lomba maka dilaksanakan serempak di semua wilayah,” akunya.


05 07 2012 14:56:03