Peringatan Isra Miraj Tahun 1433 H/2012

Kabupaten Banyumas

Bertempat di Pendopo Si Panji Kabupaten Banyumas, Senin (25/6) digelar peringatan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW Tingkat Kabupaten Banyumas dengan tema “Peringatan Isra Miraj merupakan Refleksi dan Renungan Perjalanan Agung menuju Masyarakat yang Komitmen dan Konsisten dalam Beragama, Berbangsa, dan Bernegara”.
 
Kegiatan dihadiri oleh anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FORKOMPINDA); anggota DPRD; pimpinan instansi vertikal; kepala dinas/instansi; pimpinan Perguruan Tinggi negeri/swasta; pimpinan BUMN/BUMD; camat, Danramil, Kapolsek, kepala KUA, UPK, PPAI dan Puskesmas di wilayah Kabupaten Banyumas; pimpinan ormas Islam dan lembaga keagamaannya; serta warga masyarakat sekitar Purwokerto, dan calon Jamaah Haji tahun 2012 se-eks Kotip Purwokerto.
 
Peringatan Isra Miraj diawali dengan penampilan hiburan hadroh marawis dari Grup Marawis Syifa-ul Qulub dari Ajibarang. Acara inti uraian hikmah Isra Miraj disampaikan oleh H Ibnu Hasan S Ag MSi, Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Banyumas, yang juga dosen Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP).
 
Drs H Bambang Sucipto MPdI, Ketua Umum Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Banyumas, juga Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Banyumas dalam laporannya menyampaikan, maksud dan tujuan peringatan Isra Miraj dengan tema diatas untuk merenungkan kembali hikmah dibalik sebuah perjalanan agung nan suci serta berusaha mengaktualisasikannya, demi terbentuknya masyarakat yang komitmen dan konsisten dalam beragama, berbangsa dan bernegara.
 
Sementara Bupati Banyumas, Drs Mardjoko MM dalam sambutannya menyampaikan, peringatan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW bukan hanya sekedar tradisi ritual ataupun seremonial belaka, tetapi lebih jauh didorong oleh adanya kesadaran dan keinginan luhur untuk bisa menggali mutiara hikmah yang terkandung di dalamnya.
 
Bupati mengajak kepada umat Islam khususnya, dan masyarakat Kabupaten Banyumas pada umumnya untuk meningkatkan iman dan takwa serta kualitas ibadah, serta bersama-sama membantu pemerintah daerah dengan turut berpartisipasi dalam proses pembangunan daerah sesuai dengan bidang masing-masing, untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat Banyumas yang didasari dengan iman dan takwa, serta dalam lindungan dan ridlo Allah SWT.


05 07 2012 14:56:06