Bupati Serahkan Bantuan Bencana Tanah Longsor

Kabupaten Banyumas

Bupati Banyumas Drs. Mardjoko, MM menyerahkan bantuan kepada korban / pengungsi bencana tanah longsor di Desa Gentawangi Kecamatan Jatilawang.

Bantuan berupa uang sebesar Rp.120.000.000,- dari Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana untuk 6 orang masing-masing Rp.20.000.000,-,  Bantuan uang dari Gubernur sebesar Rp.52.000.000,- untuk 6 orang korban dan 7 orang yang rumahnya terancam longsor masing-masing Rp.4.000.000,- serta Paket Logistik Nartura dari Bupati Banyumas berupa beras, mie instan, gula pasir, minyak goreng, kecap dan air mineral untuk 13 KK.

Penyerahan dilaksanakan di Balai Desa Gentawangi Kecamatan Jatolawang, Selasa (17/7) kemarin. Turut hadir pada kegiatan tersebut Kepala Bakorwil III, Kepala SKPD, Camat Jatilawang beserta Muspika, Kepala Desa di wilayah Kecamatan Jatilawang serta tokoh masyarakat Desa Gentawangi.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Drs. Yunianto dalam laporannya menyampaikan bahwa penerima bantuan adalah warga Grumbul Pagetan RT 02,03,04 dan 05 RW II Desa Gentawangi Kecamatan Jatilawang yang menjadi korban bencana tanah longsor akibat hujan deras pada Kamis 19 Januari silam. Hujan deras ini mengakibatkan gerakan tanah/longsor tebing Sungai Tajum sepanjang 200 meter lebar 30 meter dan tinggi 4,5 meter. Akibatnya 6 rumah hancur dan 7 rumah lainya rusak, 1 musholla rusak, 6 ha lahan pertanian rusak. Dari 13 KK/50 Jiwa yang rumahnya rusak sementara mengungsi.

Dalam sambutannya, Bupati berharap warga yang menjadi korban musibah untuk tetap tenang dan tawakal. Menurutnya, sebagian wilayah Kabupaten Banyumas memang rawan bencana, untuk itu warga diminta tanggap terhadap situasi di wilayahnya. "Saya meminta agar bantuan yang diterima dapat dimanfaatkan sebaik mungkin dan berharap warga untuk melaporkan semua kejadian ke instansi terkait jika terjadi bencana di wilayahnya. Kecepatan informasi yang diterima tentunya akan mempercepat penanganan petugas," pesan Bupati.


18 07 2012 14:56:19