Kalitapen- Purwojati Bangun Pasar Desa Baru.

Kabupaten Banyumas

Desa Kalitapen Kecamatan Purwojati membangun pasar desa tradional baru, pasar yang menempati lokasi tanah kas Desa Kalitapen, hari ini mulai dibangun, pelaksanaan pembangunan ditandai dengan peletakan batu pertama oleh bupati Banyumas Drs. Mardjoko (selasa 8/1) kemarin, dan dihadiri oleh Dinas Instansi terkait, Muspika Kecamatan Purwojati, tokoh masyarakat, togkoh agama dan masyarakat Desa Kalitapen.
 

Edi Prianto selaku Panitia pembangunan dalam laporannya mengatakan, pembangunan pasar menempati tanah Kas Desa Kalitapen seluas  7.000 m2  dan akan dibangun 2 tahap,  untuk tahap pertama dibangun kios sejumlah 96 unit dengan ukuran 4 x 5 meter sebanyak 28 Unit, ukuran 3 x 5 meter sebanyak 38 unit  dan ukuran 3 x 4 metersebanyak 30 unit dan los dengan ukuran 2 x 2,5 meter sebanyak  96  unit. 
 

Edi menambahkan, disamping pembangunan kios dan los juga akan dibangun fasilitas lain berupa 1 buah mushola dan 3 unit MCK dengan total anggaran direncanakan sebesar 3,5 milyar dan akan dikerjakan selama 1 Tahun terhitung mulai tanggal 8 Januari 2013 sampai dengan 8 Januari 2014,  bekerja sama dengan CV. ZDN dari Rawalo.
 

Sementara itu Kades kalitapen Sahyat dalam sambutan mengatakan, pembangunan Pasar Tradisonal Desa Kalitapen sudah direncanakan sejak tahun 1990 dan sudah beberapa kali terjadi pergantian Kepala Desa namun belum dapat direalisasikan karena ada beberapa permasalahan yang belum dapat terselesaikan.
 

Sahyat menambahkan, Pembangunan pasar desa dilatarbelakangi karena kondisi pasar yang sekarang berada di tengah pemukiman masyarakat, tempatnya sempit dan jumlah pedagang semakin berkembang, sedangkan peruntukan pasar nantinya prioritas untuk pedadang lama sisanya untuk warga Desa Kalitapen dan apabila masih sisa baru diperuntukan untuk umum.
 

Bupati Mardjoko dalam sambutannya menyampaikan, pembangunan pasar Desa Klitapen diharapkan akan dapat meningkatkan perokonomian masyarakat setempat, karena berbagai potensi serta produk dari Desa Kalitapen dan sekitarnya dapat dijual dipasar yang baru, untuk itu diminta untuk belajar dari pasar desa yang lain seperti pasar patikraja yang sudah mampu menjadi juara nasional.
 

Terkait dengan keinginan warga kalitapen untuk pembangunan jalan di grumbul wanarata Desa Kalitapen sepanjang 500 meter, Marjdoko menyampaikan bahwa program untuk peningkatan jalan di grumbul wanarata sudah masuk dalam proyek yang akan dikerjakan pada triwulan pertama Tahun  Anggaran 2013.
 

Disisi lain Bupati Mardjoko menyampaikan, Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Banyumas sampai dengan Tahun Anggaran 2012 mencapai 200 milyar, hal ini menunjukan bahwa kinerja pembangunan yang dilakukan oleh semua komponen dapat berjalan dengan baik, dan pada Tahun 2013 dengan dikelolanya PBB perkotaan dan Perdesaan oleh Pemkab Banyumas akan menambah PAD di Tahun 2013 karena yang semula kita hanya mendapatkan 64,8 % dari PBB-P2 nantinya kita akan memperoleh 100%.


10 01 2013 13:56:0