Husein Terima KKN Unsoed dengan Tangan Terbuka

Kabupaten Banyumas

 “Saya terima seluruh peserta KKN Unsoed dengan hati bahagia, tangan terbuka, karena kami yakin kehadiran anak-anakku semuanya nanti di 16 kecamatan akan sangat banyak membantu kepada masyarakat Banyumas, karena berdasarkan pengalaman-pengalaman KKN pada masa lalu itu selalu berbekas kebaikannya.” Demikian sebagain sambutan Bupati Banyumas dalam penerimaan Penerimaan KKN Posdaya, Vokasi, PPM, dan Tematik Unsoed Purwokerto Tahun Akademik 2013/2014 di pendopo Si Panji  Kabupaten Banyumas senin (15/7) kemarin.

 

Husein juga mengatakan, mahasiswa KKN agar dapat menjadi generasi penerus bangsa yang bagus. “Masa depan Banyumas, masa depan Indonesia, tergantung pada masa-masa muda sekarang ini, kalau generasi muda sekarang merupakan generasi yang baik, maka masa depan bangsa Indonesia akan lebih baik, tetapi kalau generasi muda sekarang ini generasi yang loyo, generasi yang tidak punya semangat, generasi yang tidak punya cita-cita, generasi yang tidak punya integritas, maka tinggal tunggu saatnya bangsa Indonesia akan diinjak-injak seperti masa penjajahan dahulu “ ungkapnya.

 

Husein meminta, agar kepada seluruh peserta KKN untuk menggunakan metodologi ilmiah dalam menjalankan tugasnya. melalui tahap personal terlebih dahulu dan sedikit demi sedikit  menjelaskan secara halus hingga mampu dimengerti, karena masyarakat desa memiliki cara berfikir yang berbeda dengan masyarakat kota.

 

Husein juga meminta, agar kehadiran KKN dapat memberikan dampak positif untuk masyarakat Banyumas. dengan mengibaratkan gajah mati meninggalkan gading, harimau mati meninggalkan belang dan KKN Unsoed selalu meninggalkan gading yang bisa dijual, kalaupun meninggalkan belang, pasti berguna bagi kehidupan masyarakat.

 

Husein berpesan.agar ilmu yang diperoleh pada saat kuliah diwujudkan dan diamalkan dimasyarakat dan mahsaiswa juga harus mempunyai karakter, karena karakter merupakan bagian penting manusia yang harus dijaga baik-baik. Yaitu menjadi manusia yang memiliki jiwa pancasilais, gotong royong, bercita-cita tinggi dan tidak hanya memikirkan diri sendiri.

 

Sebelumnya,  Eko Haryanto, M.Si Ak selaku Pembantu Rektor II ONSOED Purwokerto menjelaskan,  bahwa tujuan KKN bagi mahasiswa adalah untuk meningkatkan empati, melatih mahasiswa menjadi motivator, dinamisator, inovator, dan fasilitator, dan untuk meningkatkan kerja sama interdisipliner serta menghargai potensi yang ada.

 

Eko juga menambahkan,  KKN juga memiliki tujuan bagi masyarakat dan pemerintah yaitu untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, menumbuhkan dan menggali potensi swadaya masyarakat dan juga membantu kelancaran program SKPD Kabupaten Banyumas.

 

KKN akan dilangsungkan selama 35 hari yaitu tanggal 15 Juli sampai 30 Agustus 2013 dengan jeda libur idul fitri dari 3 Agustus hingga 13 Agustus 2013.


16 07 2013 11:27:4