Mulai 2014/2015 Dindik akan Terapkan Sistem PPDB On Line

Kabupaten Banyumas

Untuk meningkatkan transparansi, efektivitas dan akuntabilitas dalam proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) khususnya untuk jenjang SMP dan SMA/SMK negeri, Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas berencana menerapkan sistem pendaftaran dan seleksi on-line mulai Tahun Ajaran 2014/2015 mendatang. Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas, Ir Wahyu Budi Saptono MSi saat menyampaikan paparan rencana program tersebut di hadapan Bupati Banyumas, Ir Achmad Husein di Ruang Salon Rumah Dinas Bupati Banyumas, Sabtu (20/7).

 

Hadir dalam penyampaian konsep tersebut para pejabat dari dinas/instansi terkait, meliputi Bappeda, Dinhubkominfo, DPPKAD, Dewan Pendidikan, para Kabid di lingkungan Dinas, Ketua MKKS, dan pengawas SMP, SMA dan SMK se-Kabupaten Banyumas. Wahyu mengatakan, PPDB sistem real time on line menjadi sebuah pilihan yang logis, mengingat kondisi yang ada saat ini, dimana daya tampung sekolah negeri dan jumlah lulusan yang ada tidak seimbang sehingga menyebabkan tingkat persaingan yang mengharuskan adanya seleksi yang ketat dengan aturan yang jelas, adil dan transparan.

 

Lebih jauh Wahyu menjelaskan, dalam proses penerimaan peserta didik, penerapan sistem on line akan meningkatkan kemudahan dan keluasan akses pelayanan, mendorong terwujudkan good governance dan pencitraan publik, meningkatkan efektivitas dan efisiensi waktu dan biaya, mengurangi resiko terjadinya KKN dan penyalahgunaan wewenang, serta penyederhanaan mekanisme.

 

Beberapa manfaat praktis yang akan didapatkan dengan penerapan sistem ini antara lain pekerjaan panitia PPDB akan lebih mudah, menguntungkan calon siswa karena dapat mendaftar sekali untuk beberapa sekolah, pelayanan PPDB lebih tertib dan lancar, masyarakat turut aktif memantau proses PPDB dengan lebih mudah dan cepat, masyarakat dapat mengakses informasi pendaftaran dan hasil seleksi 24 jam.

 

Bupati Achmad Husein menyambut positif dan menyatakan dukungannya terhadap rencana tersebut, tetapi Husein meminta agar ada komitmen yang kuat dan konsistensi yang tinggi dari semua pihak terkait. Menurutnya, tanpa adanya komitmen dan konsistensi yang tinggi, program sebaik apapun tidak akan berhasil. Untuk rencana tersebut dia bahkan meminta agar ada komitmen tertulis yang langsung ditujukan kepada dirinya.

 

Selanjutnya Husein meminta kepada Dinas Pendidikan dan dinas/instansi terkait untuk bergerak cepat menindaklanjuti rencana tersebut, diantaranya dengan segera melakukan studi banding ke daerah-daerah yang telah berhasil menerapkan sistem sejenis, dan segera menghitung biaya yang dibutuhkan agar dapat dianggarkan pada APBD tahun 2014.

 

Khusus terkait hal yang terakhir, Husein berpesan agar penentuan biaya dilakukan dengan seefisien mungkin, dengan melakukan pengetatan anggaran pada pos-pos yang memungkinkan, dan menghindari pemborosan-pemborosan.

 

Sumber : Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Banyumas


22 07 2013 13:35:1