Ribuan Siswa SD/MI di Banyumas Ikuti Uji Coba Minum Susu Gratis

Kabupaten Banyumas

BANYUMAS - Kementerian Pertanian (Kementan) RI melaui Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan merealisasi uji coba program susu gratis, bagi ribuan siswa SD/MI di Kecamatan Banyumas Kabupaten Banyumas. Pencanangan ujicoba susu gratis dilaksanakan secara luring di SD Negeri Saudagaran 1 Kecamatan Banyumas dan secara daring diikuti 35 SD/MI se Kecamatan Banyumas pada hari Senin (05/08/24).

Sekretaris Direktorat Jenderal (Ditjen) Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementan, Makmun mengatakan, gerakan ini diikuti sebanyak 5.142 siswa di 36 SD/MI se-Kecamatan Banyumas.

"Karena ini awalan, kadang-kadang ada anak-anak yang enggak tahan, enggak kuat. Di awal kami coba dulu sepekan sekali," kata Makmun.

Makmun menjelaskan, setiap anak mendapatkan satu botol susu sebanyak 200 mililiter. Adapun susu yang digunakan adalah susu pasteurisasi.

"Susunya pasteurisasi, jadi susu murni, tidak ada tambahan gula, tambahan rasa, supaya anak-anak terbiasa minum susu sehat, kebanyakan gula nanti sakit lagi dan sebagainya," tambahnya

Makmun mengatakan, program ini dilaksanakan di Banyumas karena terdapat Balai Besar Pembibitan Ternak Unggul dan Hijauan Pakan Ternak (BBPTUHPT) Baturraden.

"Kami uji coba karena kami punya produksi di sini. Bagaimana anak-anak, doyan enggak, ada dampak enggak, karena kadang-kadang ada yang alergi. Mudah-mudahan tidak ada yang alergi, sehingga tidak ada yang trauma minum susu," jelasnya

Kementan menjadikan Kabupaten Banyumas menjadi tempat uji coba pelaksanaan program susu gratis dimulai 5 Agustus hingga Desember 2024. Uji coba ini merupakan yang pertama di Indonesia.

Sementara itu, Penjabat Bupati Banyumas Hanung Cahyo Saputro berharap, program ini dapat terus berlanjut untuk mendukung program penanganan stunting.

"Ini upaya awal, nanti kami lihat ada keluhan atau tidak. Mudah-mudahan hari ini lancar, tidak ada halangan apapun, dan dapat mendukung pencegahan stunting" kata Pj Bupati Hanung.


Selasa, 06 Agustus 2024